RENCANA BISNIS. PENGANTAR ILMU EKONOMI REG C. ILMU PEMERINTAHAN 2024

 


Nama              :  Ahmad Ratib Asraf Triputra                                               Jum'at , 16 Agustus 2024

NPM                :  2416021102

Program Studi :  Ilmu Pemerintahan

Mata Kuliah    : Pengantar Ilmu Ekonomi

Dosen               : Arizka Warganegara, S.IP, M. A, Ph. D.

 

RENCANA BISNIS TOKO OLAHAN AYAM

 

1. Latar Belakang

Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang bergizi, mudah serta terjangkau untuk didapatkan masyarakat. Tidak heran jika permintaan  akan produk olahan ayam terus tetap ada, sehingga inilah yang menjadi salah satu alasan dibentuknya bisnis toko produk olahan ayam di Bandar Lampung.

Bisnis ini tidak hanya berfokus pada penjualan daging ayam mentah, tetapi juga produk olahan setengah jadi  seperti nugget, ayam fillet, bakso, chiken stik, chiken steak dan lain sebagainya. Bahan dasarnya didapatkan dari pemasok daging ayam grosir yang berkualitas bagus. Dengan begitu, kami bisa memberikan hasil olahan daging ayam yang berkualitas dengan harga terjangkau dibanding kompetitor lainnya.

Bisnis Toko Olahan Ayam ini juga bisa memajukan industri peternakan di dalam negeri, serta menyerap banyak tenaga kerja. Langkah ini diambil agar bisa memberi dampak positif sekaligus kemajuan bisnis  olahan ayam di masa mendatang.

2. Struktur Organisasi

1.     Pimpinan Usaha                  : Ahmad Ratib Asraf Triputra

2.     Manajer Operasional          : Naufal Fikri Nasution

3.     Manajer Finansial               : Ressa Assyfa Dwi Putri

4.     Manajer Marketing             : Desi Eka Hidayati       

 

3. Visi dan Misi Bisnis

Bisnis Olahan Ayam diharapkan mampu menyediakan produk olahan ayam yang bergizi, mudah, serta dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Tak hanya itu, bisnis ini juga diharapkan dapat memajukan  para pelaku usaha peternakan ayam di Indonesia. Selain itu dapat menjadi penggerak ekonomi pada lingkungan setempat.
Bisnis Olahan Ayam ini akan terus mengajak para peternak ayam agar  terus maju dan meningkatkan kualitas produknya. Hal ini penting dilakukan agar produk yang dihasilkan bergizi tetapi juga terjangkau.

4. Produk Olahan Ayam

1.     Daging Ayam

2.     Ayam Fillet

3.     Nugget Ayam

4.     Steak Ayam

5.     Chicken Stik

6.     Bakso

                                       

5. Aset Toko Produk Olahan Ayam

Toko Produk Olahan Ayam sudah memiliki toko offline yang dilengkapi dengan etalase. Selain itu juga terdapat peralatan toko lainnya seperti pisau, kemasan, meja, kursi, alat tulis, alat produksi, rak produk, lemari dan freezer. Untuk modal awal, Toko Produk Olahan Ayam ini adalah sebesar Rp. 125.000.000,00. Pembagian aset tetapnya sejumlah Rp. 25.000.000,00 dengan dana segar sebesar Rp. 100.000.000,00.

6. Sumber Permodalan

Modal dari Toko Produk Olahan Ayam ini diambil dari dana pribadi sejumlah Rp. 25.000.000,00. Saat ini sebagian modal telah dialihkan ke bahan baku dan sebagainya. Modal sebesar Rp. 100.000.000,00. didapat dari investor

7. Pengeluaran Rutin Bulanan

NO

NAMA

VOLUME

SATUAN

JUMLAH

1.

Gaji Karyawan

3

Rp.       2.500.000,00

Rp.   7.500.000,00

2.

Gaji Buruh Produksi

3

Rp.       1.750.000,00

Rp.   5.250.000,00

3.

Bahan Baku

1

Rp.     25.000.000,00

RP. 25.000.000,00

4.

Biaya Listrik

1

Rp.       2.000.000,00

RP.   2.000.000,00

5.

Biaya Internet

1

Rp.          250.000,00

Rp.      250.000,00

6.

Biaya Lembur

6

Rp.          150.000,00

Rp.      900.000,00

7.

Biaya Pemeliharaan

1

Rp.            1.500.000

Rp.   1.500.000,00

 

Total

RP. 42.400.000,00

Strategi pemasaran Toko Produk Olahan Ayam telah menjadi mitra platform jual beli online. Kami juga membuka katalog produk pada platform media sosial kami. Tak hanya itu, kami juga menempelkan banyak papan informasi tentang manfaat serta kandungan gizinya baik di toko ofline ataupun online.

 

Langkah ini diambil bukan hanya untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian, tetapi juga mensosialisasikan manfaat dan kandungan gizi produk olahan ayam kai kepada konsumen. Toko Produk Olahan Ayam juga mengadakan diskon di tanggal-tanggal tertentu untuk menarik pelanggan. Strategi pemasaran via media online kami gencarkan agar penjualan semakin meningkat.

 

9. Potensi Keuntungan

Bisnis Toko Produk Olahan Ayam kami memiliki target penjualan sebanyak 100 pcs per hari. Dengan estimasi pendapatan per hari Rp. 3.500.000,00. Berikut adalah hitungan potensi keuntungan yang akan kami dapatkan sebagai berikut.
Keuntungan / Laba Kotor – Beban Pengeluaran Rutin Bulanan = Laba Bersih

Rp. ( Rp. 3.500.000,00 X 30 hari ) – Rp. 45.400.000,00 = Rp. 59.600.000,00

10. Rencana Pengembangan Bisnis

Rencana jangka pendek dari bisnis Toko Produk Olahan Ayam adalah membuat komunitas bisnis yang bisa membantu memasarkan produk sehingga penjualan dapat meningkat. Selanjutnya juga akan menarik investor dan juga resseler agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

 

Jika hal ini telah berjalan dengan baik, maka diharapkan Toko Produk Olahan Ayam dapat membuka cabang di wilayah lainnya. Dengan begitu, semakin banyak investor yang berinvestasi ditambah dengan reseller yang akan bekerja sama yang ditargetkan bisa berjalan 4-5 tahun ke depan.


11. Kesimpulan

Kesimpulan berdasarkan 6 pertanyaan dalam bisbis

1.     Apa barang yang diproduksi?

2.     Siapa yang memproduksi

3.     Untuk siapa barang tersebut diproduksi

4.     Berapa banyak barang tersebut diproduksi?

5.     Siapa yang mengambil keputusan untuk memproduksi barang tersebut?

6.     Bagaimana cara memproduksinya?

 

Toko Produk Olahan Ayam menjual daging ayam segar. Tak hanya itu kami juga memproduksi produk produk olahan ayam seperti ayam fillet, nugget ayam, bakso ayam, steak ayam dan chicken stik. Kami memutuskan untuk memulai ide usaha  Toko Produk Olahan Ayam guna memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Kami berkomitmen untuk menyediakan produk olahan ayam yang terjangkau untuk dibeli, mudah untuk didapat, bergizi serta berkualitas tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat. Jumlah produksi produk olahan ayam bervariatif tergantung dengan keadaan pasar, tetapi kami memiliki target penjualan perhari yaitu 100 pcs baik daging ayam, ayam fillet, nugget, bakso, steak ayam dan chicken steak.

 

Untuk bahan baku daging ayam, kami bekerja sama dengan para pelaku usaha peternakan ayam di Indonesia guna memajukan ekonomi dalam negri. Kami juga bekerja sama dengan UMKM setempat guna menyediakan bahan baku lainnya. Tak hanya itu, kami juga memproduksi sendiri semua produk olahan kami dengan sangat memperhatikan mutu dan gizinya,


0 Comments