Nama : Ahmad Ratib Asraf Triputra Jum'at , 16 Agustus 2024
NPM : 2416021102
Program Studi : Ilmu
Pemerintahan
Mata Kuliah : Pengantar Ilmu Ekonomi
Dosen : Arizka Warganegara, S.IP, M. A, Ph. D.
RENCANA BISNIS TOKO OLAHAN
AYAM
1.
Latar Belakang
Ayam merupakan salah
satu sumber protein hewani yang bergizi, mudah serta terjangkau untuk
didapatkan masyarakat. Tidak heran jika permintaan akan produk olahan ayam terus tetap ada,
sehingga inilah yang menjadi salah satu alasan dibentuknya bisnis toko produk
olahan ayam di Bandar Lampung.
Bisnis ini tidak hanya
berfokus pada penjualan daging ayam mentah, tetapi juga produk olahan setengah
jadi seperti nugget, ayam fillet, bakso,
chiken stik, chiken steak dan lain sebagainya. Bahan dasarnya didapatkan dari
pemasok daging ayam grosir yang berkualitas bagus. Dengan begitu, kami bisa memberikan
hasil olahan daging ayam yang berkualitas dengan harga terjangkau dibanding
kompetitor lainnya.
Bisnis Toko Olahan Ayam
ini juga bisa memajukan industri peternakan di dalam negeri, serta menyerap
banyak tenaga kerja. Langkah ini diambil agar bisa memberi dampak positif
sekaligus kemajuan bisnis olahan ayam di
masa mendatang.
2. Struktur Organisasi
1.
Pimpinan Usaha : Ahmad Ratib Asraf Triputra
2. Manajer Operasional : Naufal Fikri Nasution
3.
Manajer Finansial : Ressa Assyfa Dwi Putri
4.
Manajer Marketing : Desi Eka Hidayati
3. Visi dan Misi Bisnis
Bisnis
Olahan Ayam diharapkan mampu menyediakan produk olahan ayam yang bergizi,
mudah, serta dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Tak hanya
itu, bisnis ini juga diharapkan dapat memajukan
para pelaku usaha peternakan ayam di Indonesia. Selain itu dapat menjadi
penggerak ekonomi pada lingkungan setempat.
Bisnis Olahan Ayam ini akan terus mengajak para peternak ayam agar terus
maju dan meningkatkan kualitas produknya. Hal ini penting dilakukan agar produk
yang dihasilkan bergizi tetapi juga terjangkau.
4. Produk Olahan Ayam
1.
Daging Ayam
2.
Ayam Fillet
3.
Nugget Ayam
4.
Steak Ayam
5.
Chicken Stik
6.
Bakso
5. Aset Toko Produk Olahan Ayam
Toko
Produk Olahan Ayam sudah memiliki toko offline yang dilengkapi dengan etalase.
Selain itu juga terdapat peralatan toko lainnya seperti pisau, kemasan, meja,
kursi, alat tulis, alat produksi, rak produk, lemari dan freezer. Untuk modal awal, Toko
Produk Olahan Ayam ini adalah sebesar Rp. 125.000.000,00. Pembagian aset
tetapnya sejumlah Rp. 25.000.000,00 dengan dana segar sebesar Rp. 100.000.000,00.
6. Sumber Permodalan
Modal dari Toko Produk Olahan
Ayam ini diambil dari dana pribadi sejumlah Rp. 25.000.000,00. Saat ini
sebagian modal telah dialihkan ke bahan baku dan sebagainya. Modal sebesar Rp.
100.000.000,00. didapat dari investor
7. Pengeluaran Rutin Bulanan
NO
|
NAMA
|
VOLUME
|
SATUAN
|
JUMLAH
|
1.
|
Gaji Karyawan
|
3
|
Rp. 2.500.000,00
|
Rp.
7.500.000,00
|
2.
|
Gaji Buruh Produksi
|
3
|
Rp. 1.750.000,00
|
Rp.
5.250.000,00
|
3.
|
Bahan Baku
|
1
|
Rp. 25.000.000,00
|
RP. 25.000.000,00
|
4.
|
Biaya Listrik
|
1
|
Rp. 2.000.000,00
|
RP.
2.000.000,00
|
5.
|
Biaya Internet
|
1
|
Rp. 250.000,00
|
Rp. 250.000,00
|
6.
|
Biaya Lembur
|
6
|
Rp. 150.000,00
|
Rp. 900.000,00
|
7.
|
Biaya Pemeliharaan
|
1
|
Rp. 1.500.000
|
Rp.
1.500.000,00
|
|
Total
|
RP. 42.400.000,00
|
Strategi pemasaran Toko Produk Olahan Ayam telah
menjadi mitra platform jual beli online. Kami juga membuka
katalog produk pada platform media sosial kami. Tak hanya itu, kami juga
menempelkan banyak papan informasi tentang manfaat serta kandungan gizinya baik
di toko ofline ataupun online.
Langkah ini diambil bukan
hanya untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian, tetapi
juga mensosialisasikan manfaat dan kandungan gizi produk olahan ayam kai kepada
konsumen. Toko Produk Olahan Ayam juga mengadakan diskon di tanggal-tanggal
tertentu untuk menarik pelanggan. Strategi pemasaran via media online kami
gencarkan agar penjualan semakin meningkat.
9. Potensi Keuntungan
Bisnis Toko Produk Olahan Ayam kami
memiliki target penjualan sebanyak 100 pcs per hari. Dengan estimasi pendapatan
per hari Rp. 3.500.000,00. Berikut adalah hitungan potensi keuntungan yang akan
kami dapatkan sebagai berikut.
Keuntungan / Laba Kotor – Beban
Pengeluaran Rutin Bulanan = Laba Bersih
Rp. ( Rp. 3.500.000,00
X 30 hari ) – Rp. 45.400.000,00 = Rp. 59.600.000,00
10. Rencana Pengembangan Bisnis
Rencana jangka pendek dari bisnis Toko Produk
Olahan Ayam adalah membuat komunitas bisnis yang bisa membantu memasarkan
produk sehingga penjualan dapat meningkat. Selanjutnya juga akan menarik investor dan juga resseler agar dapat menjangkau konsumen yang lebih
luas.
Jika hal ini telah berjalan dengan baik, maka
diharapkan Toko Produk Olahan Ayam dapat membuka cabang di wilayah lainnya.
Dengan begitu, semakin banyak investor
yang berinvestasi ditambah dengan reseller yang akan bekerja sama yang ditargetkan
bisa berjalan 4-5 tahun ke depan.
11. Kesimpulan
Kesimpulan berdasarkan 6
pertanyaan dalam bisbis
1.
Apa barang yang diproduksi?
2.
Siapa yang
memproduksi
3.
Untuk siapa barang
tersebut diproduksi
4.
Berapa banyak barang
tersebut diproduksi?
5.
Siapa yang mengambil
keputusan untuk memproduksi barang tersebut?
6.
Bagaimana cara
memproduksinya?
Toko Produk Olahan Ayam menjual
daging ayam segar. Tak hanya itu kami juga memproduksi produk produk olahan
ayam seperti ayam fillet, nugget ayam, bakso ayam, steak ayam dan chicken stik.
Kami memutuskan untuk memulai ide usaha Toko
Produk Olahan Ayam guna memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Kami
berkomitmen untuk menyediakan produk olahan ayam yang terjangkau untuk dibeli,
mudah untuk didapat, bergizi serta berkualitas tinggi bagi seluruh lapisan
masyarakat. Jumlah produksi produk olahan ayam bervariatif tergantung dengan
keadaan pasar, tetapi kami memiliki target penjualan perhari yaitu 100 pcs baik
daging ayam, ayam fillet, nugget, bakso, steak ayam dan chicken steak.
Untuk bahan baku daging
ayam, kami bekerja sama dengan para pelaku usaha peternakan ayam di Indonesia guna memajukan
ekonomi dalam negri. Kami juga bekerja sama dengan UMKM setempat guna
menyediakan bahan baku lainnya. Tak hanya itu, kami juga memproduksi sendiri
semua produk olahan kami dengan sangat memperhatikan mutu dan gizinya,
0 Comments